Perkembangan Akuntansi di Amerika Serikat
Akuntansi
di Amerika Serikat diatur oleh Badan Sektor Swasta (Badan Standar Akuntansi
Keuangan, atau Financial Accounting Standards Boardi – FSAB), namun sebuah
lembaga pemerintah (Komisi Pengawas Pasar Modal atau Securities Exchange
Commission – SEC) juga memiliki kekuasaan untuk menerapakan standarnya sendiri.
informasi mengenai bagaimana
akuntansi pemerintah di Amerika Serikat sangatlah penting, agar dapat
dibandingkan dengan akuntansi yang ada dan diterapkan di Indonesia.
Hingga
tahun 2002 Institut Amerika untuk Akuntan Publik bersertifikat, badan sektor
swasta lainnya, menetapkan Standar Auditing. Pada tahun itu Badan Pengawas
Akuntansi Perusahaan Publik didirikan dengan kekuasaan yang luas untuk mengatur
audit dan auditor perusahaan publik. Perusahaan di AS dibentuk berdasarkan
hukum negara bagian, bukan hukum federal. Setiap negara bagian memiliki hukum
perusahaannya sendiri. Secara umum, hukum berisi ketentuan minimal atas
pencatatan akuntansi dan penerbitan laporan keuangan secara periodik. Banyak
hukum perusahaan ini yang tidak ditegakkan secara ketat, dan laporan yang
diserahkan kepada badan-badan lokal sering kali tidak tersedia untuk publik.
Karenanya, ketentuan pelaporan keuangan dan audit tahunan secara realitas hanya
tedapat pada tingkat federal, seperti yang ditentukan oleh SEC. SEC memiliki
kekuasaan atas perusahaan-perusahaan yang mencatatkan sahamnya pada bursa-bursa
efek AS dan perusahaan yang sahamnya diperdagangkan over the counter.
Perusahaan dengan kewajiban terbatas lainnya tidak menghadapi ketentuan wajib
untuk pelaporan keuangan, sehingga membuat Amerika Serikat terlihat tidak
normal menurut Standar Internasional.
Di Amerika Serikat ,
dilakukan pengujian dan analisa pada prinsip dan teori akuntansi yang
berkembang melalui 4 fase yakni :
1.
Fase Kontribusi Manajemen
(1900-1933)
Pengaruh manajemen dalam pembentukan prinsip-prinsip akuntansi muncul dari
meningkatnya jumlah pemegang saham dan peranan ekonomik dominan yang dimainkan
oleh korporasi industri setelah 1900. Penyebaran kepemilikan saham memberi
peluang bagi manajemen untuk mengendalikan bentuk dan isi pengungkapan
akuntansi. Ketergantungan pada inisiatif manajemen menimbulkan konsekuensi sbb:
§ Sebagian besar teknik
akuntansi tidak memiliki dukungan teoritis.
§ Pusat perhatian pada
penentuan penghasilan kena pajak dan minimisasi pajak penghasilan.
§ Teknik yang diadopsi
adalah untuk meratakan pendapatan
§ Penghindaran dari
masalah-masalah kompleks dan solusi berdasarkan kebijakan dianut.
§ Perbedaan perlakuan
teknik akuntansi dari perusahaan yang berbeda untuk masalah yang sama.
Situasi ini
menghasilkan ketidakpuasan, karena adanya tuntutan dalam peningkatan standar
pelaporan keuangan dan meminta danya perlindungan terhadap investor. Perdebatan
teoritis dan kontrofersi pada saat itu terutama menyangkut akuntansi kos untuk
bunga.
Penentuan biaya
overhead dalam kos produk menjadi isu utama seiring dengan alokasi kos produk
yang realistis, meningkatnya investasi pada mesin-mesin dan kebutuhan modal
untuk jangka panjang. Pendapat The American Institute of Accountants (AIA)
menentukan bahwa tidak ada kos penjualan, beban bunga dan biaya administrasi
yang dimasukkan dalam kos overhead pabrik. Perselisihan tentang akuntansi kos
bunga dipandang sebagai konflik antara teori entitas (entity) dan kepemilikan
(proprietary).
Peristiwa penting lain
adalah pengaruh pajak penghasilan terhadap teori akuntansi yakni diakuinya
pendapatan bersih atas dasar periode akuntansi dan metode akuntansi yang
digunakan oleh pembukuan wajib pajak. Hal ini merupakan tahap awal harmonisasi
antara akuntansi pajak dengan akuntansi keuangan.
2.
Fase Kontribusi Institusi (1933-1959)
Fase ini ditandai dengan timbulnya badan/institusi dan peningkatan
peranannya dalam pengembangan prinsip akuntansi, sbb:
§ Tahun 1934 Kongres
membentuk Securities and Exchange Commision (SEC) untuk melaksanakan berbagai
peraturan investasi federal. Komisi ini dapat merumuskan hal-hal, informasi,
metode-metode, yang harus ditunjukan dalam laporan keuangan.
§ Adanya usulan
agar The American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) mulai
melakukan kerjasama dengan bursa saham sehingga standar yang ditetapkan dalam
laporan keuangan dapat sesuai dengan eksekutif perusahaan dan akuntan sesuai
dengan praktek yang ada. Alternatif yang lebih praktis ini menyebabkan metode akuntansi
berkembang secara luas dan konsisten. Selain itu dikenal pula prinsip-prinsip
dewan May mencakup:
§ Bahwa akun pendapatan
harusnya tidak dimasukkan dalam laba yang belum terealisir dan biaya yang dapat
dibebankan pada pendapatan seharusnya tidak dibebankan.
§ Bahwa surplus modal
seharusnya tidak dibebankan dengan jumlah yang dibebankan pada pendapatan.
§ Bahwa laba ditahan
yang diperoleh perusahaan anak yang diciptakan sebelum konsolidasi bukan
merupakan surplus yang diperoleh perusahaan induk konsolidasi.
§ Bahwa dividen atas
saham treasury tidak dapat dibebankan pada pendapatan.
§ Bahwa piutang dari
pejabat, pegawai, dan perusahaan afiliasi seharusnya tidak ditunjukan secara
terpisah.
Setelah berdirinya
American Accounting Association (AAA) yang banyak mengkritik SEC maka AICPA
memutuskan untuk memberdayakan Committee Accounting Procedure (CAP) menerbitkan
Accounting Research Bulletins (ARBs). Adanya praktek-praktek akuntansi yang
banyak dikritik, isu-isu yang tidak populer, kegagalan untuk mengembangkan pernyataan
menyeluruh tentang prinsip akuntansi menyebabkan konflik antara SEC dengan CAP.
3.
Fase Kontribusi Profesional (1959-1973)
Komite Khusus tentang Program Riset mengusulkan pembubaran CAP dan
departemennya yang diterima oleh AICPA dan kemudian didirikan Accounting
Principle Board (APB) dan The Accounting Research Division (ARD) untuk meneliti
tentang isu-isu yang merupakan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum.
APB kemudian menerbitkan berbagai pendapat untuk membahas isu-isu kontroversial
, namun upaya tersebut tidak berhasil sehingga APB diserang dan dikritik karena
opini yang bersifat kontroversial termasuk tentang akuntansi pensiun, alokasi
pajak penghasilan, kredit pajak investasi, akuntansi untuk penggabungan usaha
dan goodwill.
4.
Fase Politisasi (1973-sekarang)
Keterbatasan asosiasi
professional dan manajemen dalam merumuskan teori akuntansi mendorong
diadopsinya pendekatan yang lebih deduktif dan politis. Dalam situasi tersebut
FASB mengindikasikan proses penetapan standar akuntansi sebagai proses
demokratik.
Proses penetapan
standar akuntansi tidak hanya didasarkan kebutuhan pemakai tetapi juga
mempertimbangkan beberapa perspektif yang dapat mempresentasikan seluruh
konstituensi. Juga ditekankan agar Pemerintah federal dan Kongres harus berada
pada kepentingan umum dengan mempertahankan dan meningkatkan akuntabilitasnya
dimata publik.
Kualifikasi dan Regulasi di Bidang Akuntansi
Di Amerika Serikat, akuntan yang berpraktek disebut
Certified Public Accountant (CPA), Certified Internal Auditor (CIA) dan
Certified Management Accountant (CMA). Perbedaan jenis sertifikasi adalah dalam
hal jenis-jenis jasa yang ditawarkan, walaupun mungkin saja satu orang memiliki
lebih dari satu sertifikat. Sebagai tambahan, banyak pekerjaan akuntansi
dikerjakan oleh seseorang tanpa memiliki sertifikasi namun di bawah pengawasan
seorang akuntan bersertifikat.
Sertifikasi
CPA dikeluarkan di negara bagian tempat kedudukan yang bersangkutan berupa ijin
untuk menawarkan jasa auditing kepada publik, walaupun kebanyakan kantor
akuntan juga menawakan jasa akuntansi, perpajakan, bantuan litigasi dan
konsultansi keuangan lainnya. Persyaratan untuk mendapat sertifikat CPA
bervariasi di antara negara bagian, namun ujian Uniform Certified Public
Accountant diharuskan di setiap negara bagian. Ujian ini dibuat dan diperiksa
oleh American Institute of Certified Public Accountants.
Sertifikasi
CIA dikeluarkan oleh Institute of Internal Auditors (IIA), yang diberikan
kepada kandidat yang lulus dalam empat bagian ujian. CIA kebanyakan memberikan
jasanya kepada pemberi kerja langsung bukan kepada publik.
Sertifikasi
CMA diberikan oleh Institute of Management Accountants (IMA), yang diberikan
kepada kandidat yang dinyatakan lulus dalam empat bagian ujian dan memenuhi
pengalaman praktek tertentu berdasarakan ketentuan IMA. CMA kebanyakan
memberikan jasanya kepada pemberi kerja langsung bukan kepada publik. CMA juga
bisa menawarkan jasanya kepada publik, namun dengan lingkup yang lebih kecil
dibanding CPA.
Standar Akuntasi Keuangan (SAK)
Di Amerika
Dalam akuntansi terapan di Indonesia kita mengenal yang
namanya SAK (Standar Akuntansi Keuangan), di Amerika lebih dikenal dengan nama
GAAP (General Accepted Accounting Principal). GAAP adalah aturan akuntansi yang
digunakan untuk menyiapkan, menyajikan, dan melaporkan laporan keuangan untuk
berbagai entitas, termasuk publik yang diperdagangkan dan swasta yang
diselenggarakan perusahaan, non- organisasi nirlaba , dan pemerintah. Standar
inilah yang menjadi tolak ukur atau panduan proses pencatatan akuntansi di
sebuah perusahaan.
1.
Perkembangan GAAP (General Accepted
Accounting Principal)
Standar Akuntansi secara historis telah ditetapkan oleh
American Institute of Certified Akuntan Publik (AICPA) tunduk pada Securities
and Exchange Commission peraturan. The AICPA pertama kali membuat Komite
Prosedur Akuntansi pada tahun 1939, dan diganti bahwa dengan Prinsip Akuntansi
Dewan pada tahun 1951 . Pada tahun 1973, Dewan Prinsip Akuntansi digantikan
oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB) di bawah pengawasan Yayasan
Akuntansi Keuangan dengan Standar Akuntansi Keuangan Dewan Pertimbangan
melayani untuk menasihati dan memberikan masukan pada standar akuntansi.
Organisasi-organisasi lain yang terlibat dalam menentukan standar akuntansi
Amerika Serikat meliputi Dewan Standar Akuntansi Pemerintahan (GaSb), terbentuk
pada tahun 1984, dan Perusahaan Publik Akuntansi Dewan Pengawas (PCAOB).
Sebagai internasional dan US GAAP standar telah berkumpul, maka Dewan Standar
Akuntansi Internasional yang memproduksi Standar Pelaporan Keuangan
Internasional (IFRS) telah menjadi penting
Sekitar
tahun 2008, FASB mengeluarkan Standar Akuntansi FASB Kodifikasi, yang menata
ulang ribuan GAAP pernyataan AS ke sekitar 90 topik akuntansi. Pada tahun 2008,
Komisi Sekuritas dan Bursa mengeluarkan “peta jalan” awal yang dapat memimpin
AS untuk meninggalkan prinsip akuntansi yang berlaku umum di masa depan (akan
ditentukan pada tahun 2011), dan untuk bergabung lebih dari 100 negara di
seluruh dunia bukan dalam menggunakan yang berbasis di London Standar Pelaporan
Keuangan Internasional. Pada 2010, proyek konvergensi sedang berlangsung dengan
pertemuan rutin FASB dengan IASB.
Serupa
dengan banyak negara lain berlatih di bawah common law sistem, pemerintah
Amerika Serikat tidak secara langsung menetapkan standar akuntansi, dengan
keyakinan bahwa sektor swasta memiliki pengetahuan yang lebih baik dan sumber
daya. US GAAP tidak tertulis dalam undang-undang , meskipun US Securities and
Exchange Commission (SEC) mensyaratkan bahwa hal itu harus diikuti dalam
pelaporan keuangan yang diperdagangkan oleh perusahaan publik. Saat ini, Dewan
Standar Akuntansi Keuangan (FASB) adalah otoritas tertinggi dalam membangun
prinsip akuntansi yang berlaku umum untuk perusahaan publik dan swasta, serta
badan non-profit. Untuk dan negara pemerintah daerah, GAAP ditentukan oleh
Dewan Standar Akuntansi Pemerintahan (GaSb), yang beroperasi di bawah
seperangkat asumsi, prinsip, dan kendala, berbeda dengan PSAK sektor swasta
standar. Ketentuan GAAP AS agak berbeda dari Standar Pelaporan Keuangan
Internasional (IFRS), meskipun mantan Ketua SEC Chris Cox menetapkan jadwal
bagi semua perusahaan AS untuk menjatuhkan GAAP pada tahun 2016, dengan
perusahaan terbesar beralih ke IFRS pada awal 2009.
2.
Organisasi-organisasi ini mempengaruhi perkembangan
GAAP di Amerika Serikat.
§ United States
Securities and Exchange Commission ( SEC )/Amerika Serikat Komisi Sekuritas dan
Bursa.
SEC diciptakan sebagai
akibat dari Depresi Besar .. Pada waktu itu tidak ada struktur menetapkan
standar akuntansi. SEC mendorong pembentukan badan standar pengaturan swasta
melalui AICPA dan kemudian FASB , percaya bahwa sektor swasta memiliki
pengetahuan yang tepat, sumber daya, dan bakat. SEC bekerja sama dengan
berbagai organisasi swasta pengaturan GAAP,tetapi tidak menetapkan GAAP
sendiri.
§ American Institute of
Certified Public Accountants (AICPA)/ Ikatan Akuntan Publik Amerika
Bersertifikat (AICPA)
Pada tahun 1939,
mendesak oleh SEC, AICPA menunjuk Komite Akuntansi Prosedur (CAP). During the
years 1939 to 1959 CAP issued 51 Accounting Research Bulletins that dealt with
a variety of timely accounting problems. Selama tahun 1939-1959 CAP diterbitkan
51 Akuntansi Buletin Penelitian yang berurusan dengan berbagai masalah
akuntansi yang tepat waktu. Namun, masalah ini-dengan pendekatan-masalah gagal
mengembangkan terstruktur yang sangat dibutuhkan tubuh prinsip akuntansi.
Dengan demikian, pada tahun 1959, AICPA menciptakan Prinsip Akuntansi Board
(APB), yang misi itu adalah untuk mengembangkan suatu kerangka kerja konseptual
secara keseluruhan. Ini diterbitkan 31 pendapat dan dibubarkan pada tahun 1973
karena kurangnya produktivitas dan kegagalan untuk bertindak segera. Setelah
penciptaan FASB , AICPA membentuk Komite Eksekutif Standar Akuntansi (AcSEC).
It publishes: Hal ini menerbitkan:
§ Audit dan Pedoman
Akuntansi, yang merangkum praktik akuntansi industri spesifik (kasino misalnya,
perguruan tinggi, maskapai penerbangan, dll) dan memberikan petunjuk khusus
mengenai hal-hal tidak ditangani oleh FASB atau GaSb.
§ Laporan Posisi, yang
memberikan petunjuk pada topik pelaporan keuangan sampai FASB atau GaSb
menetapkan standar dalam masalah ini.
§ Praktek Buletin, yang
mengindikasikan AcSEC’s pandangan pada masalah pelaporan keuangan yang sempit
tidak dianggap oleh FASB atau GaSb.
§ Financial Accounting
Standards Board (FASB)/ Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB)
Menyadari kebutuhan
untuk reformasi APB, pemimpin dalam profesi akuntansi menunjuk Kelompok Studi
Pembentukan Prinsip Akuntansi (umumnya dikenal sebagai Komite Gandum untuk
perusahaan kursi Francis Gandum). Kelompok ini menentukan bahwa APB harus
dibubarkan dan struktur standar pengaturan baru diciptakan. Struktur ini
terdiri dari tiga organisasi: Akuntansi Keuangan Foundation (FAF, akan memilih
anggota FASB, dana dan mengawasi kegiatan mereka), Standar Akuntansi Keuangan Advisory
Council (FASAC), dan organisasi usaha besar dalam struktur ini Akuntansi
Keuangan Dewan Standar (FASB). FASB memiliki 4 jenis utama publikasi:
§ Lebih dari 150 telah
diterbitkan sampai saat ini.
§ Akuntansi Keuangan
Konsep – pertama diterbitkan pada tahun 1978. Mereka adalah bagian dari proyek
kerangka konseptual FASB dan tujuan dasar yang ditetapkan dan konsep bahwa
penggunaan FASB dalam mengembangkan standar masa depan. Namun, mereka bukan
bagian dari GAAP. Ada 7 konsep untuk tanggal diterbitkan .
§ Interpretasi –
memodifikasi atau memperluas standar yang ada . Ada sekitar 50 interpretasi
untuk tanggal diterbitkan .
§ pedoman standar
penerapan, interpretasi, dan pendapat. Biasanya memecahkan beberapa isu
akuntansi yang sangat spesifik yang tidak akan memiliki efek, signifikan abadi.
Pada tahun 1984 FASB
menciptakan Emerging Issues Task Force (EITF) yang berkaitan dengan transaksi
keuangan yang tidak biasa dan baru yang memiliki potensi untuk menjadi umum
(misalnya akuntansi untuk perusahaan berbasis Internet). Ini bertindak lebih
seperti masalah filter untuk FASB – kesepakatan EITF dengan jangka pendek,
cepat masalah resolve, meninggalkan jangka panjang, masalah yang lebih luas
untuk FASB.
§ Dewan Standar Akuntansi
Pemerintahan (GaSb)
Dibuat pada tahun
1984, GaSb membahas masalah-masalah pemerintah negara bagian dan lokal
pelaporan. Strukturnya mirip dengan yang ada pada FASB’s.
§ Organisasi lain
berpengaruh (misalnya Ikatan Akuntan Amerika, Ikatan Akuntan Manajemen,
Keuangan Lembaga Eksekutif)
§ Organisasi berpengaruh
lainnya Keuangan Pemerintah Officer’s Association (GFOA) Juga mempengaruhi
kebijakan keuangan bagi pemerintah. Perbedaan pendapat antara GFOA dan GaSb
adalah jarang, tetapi dapat berlanjut selama bertahun-tahun.
Komponen Laporan
Keuangan di Amerika Serikat
Ada 8 Tipe Komponen
Laporan Keuangan di Amerika :
§ Laporan Manajemen
§ Laporan Auditor
Independen
§ Laporan Keuangan
Primer
§ Diskusi manajemen dan
analisis hasil operasional dan kondisi keuangan
§ Penjelasan mengenai
kebijakan akuntansi dengan dampak yang paling kritis pada laporan keuangan
§ Catatan atas
laporan keuangan
§ Perbandingan
data keuangan selama 5 atau 10 tahun
§ Data triwulan
terpilih
1 comments:
Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.
Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.
Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman
Posting Komentar