Sample text

Job Seeker dan Job Creator

JOB SEEKER DAN JOB CREATOR
Nama               : Preti Varasandy
Kelas                : 4EB05
Matakuliah        : Etika Profesi Akuntansi
Subjek              : Tugas 4 (opini Job Seeker dan Job Creator)

Pengertian Pencari Kerja
Pertumbuhan penduduk yang tinggi merupakan modal dasar pembangunan. Akan tetapi, banyaknya jumlah penduduk jika tidak diimbangi dengan pertumbuhan angkatan kerja justru akan memunculkan permasalahan baru dalam hal ketenagakerjaan, di mana angka pengangguran mengalami peningkatan yang besar pula. 
Pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesa terutama pembangunan ekonomi selalu diharapkan membawa berita gembira yaitu meningkatnya produksi nasional, terbukanya kesempatan kerja, stabilitas ekonomi, neraca pembayaran luar negeri yang tidak defisit, kenaikan pendapatan nasional, dan pemerataan distribusi pendapatan. 
Tenaga kerja merupakan modal yang sangat dominan dalam menyukseskan program pembangunan. Masalah ketenagakerjaan semakin kompleks seiring bertambahnya jumlah penduduk, yang memerlukan perhatian serius dari berbagai pihak. Menurut UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang dimaksud tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan atau jasa, baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat.
Kesempatan kerja mempunyai dua pengertian, yaitu:
1. dalam arti sempit, kesempatan kerja adalah banyak sedikitnya tenaga kerja yang mempunyai kesempatan untuk bekerja,
2. dalam arti luas, kesempatan kerja adalah banyak sedikitnya faktor-faktor produksi yang mungkin dapat ikut dalam proses produksi.
Menurut Keputusan Menteri Tenaga Kerja NO.KEP.203/MEN/1999, ketentuan umum pasal  1 [9], mengemukakan bahwa:
“Pencari kerja (job seeker) adalah angkatan kerja yang menganggur dan mencari pekerjaan, maupun yang sudah bekerja tetapi ingin pindah atau ingin alih pekerjaan yang dinyatakan dengan aktifitasnya  mendaftarkan diri kepada pelaksanaan pelayanan penempatan tenaga kerja, atau harus melamar pekerjaan kepada pemberi kerja”. Mencari pekerjaan adalah mereka yang tidak bekerja dan mencari pekerjaan. diIndonesia banyak sekali para pencari kerjara, tetapi sangat sedikit sekali lapangan pekerjaan yang ada. Seharusnya pemerintah harus membantu masyarakat yang mempunyai skill atau kemampuan untuk menciptakan lapangan kerja. Pertumbuhan ekonomi dapat meningkat apabila jumlah pengangguran sedikit.
Dahulu kewirausahaan (entrepreneurship are born not made) dianggap hanya dapat dilakukan melalui pengalaman langsung di lapangan dan merupakan bakat yang dibawa sejak lahir, sehingga tidak dapat dipelajari dan diajarkan.
Saat ini “Entrepreneurship are not only born but also made”,  artinya  kewirausahaan tidak hanya bakat bawaan sejak lahir atau urusanlapangan, tetapi juga dapat dipelajari dan diajarkan. Alasannya adalah setiap orangyang memiliki keberanian untuk mengambil keputusan dapat belajar menjadi wirausaha,dan berperilaku seperti wirausaha
Kemampuan wirausaha merupakan modal dasar bagi seseorang yang ingin bergerak di bidang usaha tertentu. Ada sebagian orang yang percaya bahwa kemampuan wirausaha adalah bakat yang dibawa sejak lahir. Pendapat ini keliru, kemampuan wirausaha bukanlah karena faktor bakat, tetapi juga akan timbul dan terasah melalui pengalaman-pengalaman dan pelatihan-pelatihan kewirausahaan. Pendapat ini sejalan dengan Peter F. Drucker, dalam bukunya Innovation and Entrepreneurship, setiap orang memiliki keberanian untuk mengambil keputusan dapat belajar menjadi wirausaha dan berperilaku seperti wirausaha. Sebab, kewirausahaan itu merupakan perilaku yang dasarnya terletak pada konsep dan teori, bukan pada intuisi. Perilaku, konsep dan teori merupakan hal-hal yang dapat dipelajari oleh siapapun juga. Untuk itu, gelar kesarjanaan tidak terlalu banyak diharapkan merajut mimpi dan kesuksesan, karena sarjana sudah semakin banyak berjejalan menjadi pengangguran. Kini saatnya keterampilan, keahlian dan kemampuan membaca peluang usaha harus mulai dimanfaatkan dan mulai lah berwirausaha
Sumber:


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar