Sample text

KOPERASI KREDIT MELATI


Koperasi Kredit (CU) Melati
Latar Belakang CU. Melati
Simpanan Swadaya (SISWADA) sangat membantu Kopdit Melati untuk memupuk Modal Lembaga Kopdit. Siswada bisa terlaksana bila semua aggota Kopdit berpartisipasi aktif. Siswada membantu Kopdit agar bisa swadaya dalampermodalan. Menabung di Siswada berarti punya simpanan untuk masa depan
Anggota berasal dari Depok dan sekitarnya juga meliputi Jabotabek, maupun luar kota. Bagi anggota yang berdomisili di luar kota, memanfaatkan bank to bank link guna membayar kewajiban kewajibannya atau transfers uangnya. Semua data anggota Kopdit Melati diolah secara komputerisasi, sehingga kebutuhan analisa anggota dapat diperoleh secepatnya, termasuk anggota anggota yang sudah meninggal dunia, keluar dan catatan catanan lain lain tentang anggota, pekerjaan, umur, dll. Pada tahun 2004 Kopdit Melati memperbaiki Badan Hukumnya dari koperasi serba usaha menjadi kreit ( Credit Union ) dengan nomor : 116/BH/PAD/KUKM/1.2/IV/2004. Koperasi Kredit (CU) Melati berupaya memberikan solusi kepada para anggota dan pengusaha yang bergerak di bidang usaha kecil menengah untuk mengembangkan usahanya dengan memberikan kredit dan pinjaman lunak serta produk-produk dan simpanan yang menguntungkan bagi para anggota.

Bagaimana cara berkomunikasi antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya ?
Komunikasi antar anggota, kopdit melati menerbitkan buletin bulanan guna menyebarkan informasi ke anggota serta sarana pendidikan secara tak langsung dan pertanggungjawaban pengurus/manajemen atas kinerja bulanannya.

1.     Siapa sajakah yang dapat bergabung dengan Koperasi Kredit (CU) melati?
Komposisi anggota pada intinya merangkul berbagai segmen seperti berikut:
  • Wiraswasta – Pegawai Swasta
  • Ibu Rumah Tangga – Pegawai Negeri sipil
  • Guru – Pelajar, dll
Kopdit Melati bergabung dengan 54 kopdit lain se-Bogor Banten, dipusat Koperasi Kredit (Puskopdit) di jalan Perintis Kemerdekaan 8 Cibadak, Sukabumi. Maksud menjadi anggota adalah bisa ikut pendidikan teratur di Puskopdit, bisa ikut Daperma (semacam asuransi kematian) ikut aktif silang pinjam Daerah ( semacamasuransi kematian) ikut aktif Silang Pinjam Daerah (SPD) dan mendapat pelayaan audit ekstern setahun sekali, membayar dalam ikut pendidikan tadi kita bayar iuran solidaritas. Saat ini perkembangan CU Melati di kawasan depok khususnya dan Bogor umumnya cukup menggembirakan, karena sudah ada 400-an anggota.
Dewan Pengurus CU Melati saat ini dipimpin oleh Chris Srie Harinto, sedangkan manajemennya dipimpin oleh R. J. Soesilo sebagai manajer.
Anggotanya mencapai kurang-lebih 3000 orang dengan aset mencapai Rp 16 milyar. Saat ini CU Melati sedang membangun gedung perkantoran dan  pusat pelatihan/pendidikan serta pelayanan anggota dua lantai, dengan biaya Rp 1,2 milyar.
Keanggotaan CU Melati tersebar di kota madya Depok, Bogor, Banten, bahkan sampai Gunung Kidul di DIY dan Boyolali, Jawa Tengah.  Anggotanya mulai dari pedagang sayur keliling, tukang becak, penjual rokok, guru, pegawai negeri sipil, anggota TNI dan Polri, mahasiswa dan pelajar, karyawan dan staf perusahaan-perusahaan swasta hingga kepada pimpinan bank BUMN serta pengusaha. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan keadaan 19 tahun lampau ketika  27 warga di Depok Baru, memulai langkah pertama membentuk CU Melati.


Apa VISI,  MISI, TUJUAN , dan MOTO dari Koperasi Kredit (CU) melati
Visi
Kopdit CU Melati yang kuat, professional, mengutamakan pelayanan, pendidikan, swadaya modal, berdasarkan nilai-nilai jatidiri koperasi.
Misi
1.                   Membantu terciptanya  lapangan pekerjaan bagi anggota.
2.                   Meningkatkan bertambahnya anggota dengan syarat pendidikan yang memadai.
3.       Memperkokoh struktur organisasi Kopdit dengan pelayanan di segala bidang.

Tujuan
v  Terwujudnya kepercayaan masyarakat terhadap Kopdit CU Melati.
v  Tercapainya pasangan pasar CU Melati.
v  Terwujudnya Pengembangan organisasi pemasaran.
v  Terlaksananya deversitifikasi produk-produk Kopdit.
v  Terus dipertahakanya produk-produk inti Kopdit.
v  Tersesuainya peralatan operasi sesuia perkembangan teknologi.
v  Terrwujudnya capaian SHU bagi Kopdit.
v  Tercapainya Rasio-rasio PEARLS.
v  Terealisasinya tingkat potensi Sumber Daya Manusia.
v  Terwujudnya Tempat Pelayanan Anggota (TPA).

Motto Kopdit Melati
Teratur Menabung – Bijak Meminjam – Tertib Mengangsur

Kondisi Keuangan CU melati
CU Melati memiliki modal yang berasal dari modal sendiri dan modal pinjaman, diantaranya : 1. Modal Sendiri berasal dari simpanan pokok, simpanan wajib, modal donasi dan dana cadangan2. Modal Pinjaman berasal dari pinjaman anggota. Modal awal CU Melati berasal dari anggotanya sebesar Rp 4.051.000. Pada bulan juni 1992 total asset menjadi Rp 18.000.000 dan anggota 104 orang, dengan pembagian deviden ke anggotanya yang saat itu hanya sebesar Rp 100.000. Pada tahun 2001 total asset Rp 301.000.000 dengan anggota 333 orang. Kemudian pada akhir tahun 2003 total asset menjadi Rp 3.350.000.000 dengan anggota 819 Orang.

Apa saja perkembangan yang sudah dicapai oleh Koperasi Kredit (CU) MELATI?
I.            GAMBARAN KEADAAN KOPERASI
Kami akan menyampaikan gambaran keadaan Koperasi Kredit Melati, yang terbagi atas 2 hal penting, yaitu :
I.            PERKEMBANGAN SPESIFIK KOPERASI, terdiri dalam 3 hal, yaitu :
A.    Perkembangan Keanggotaan, yang dibagi dalam 6 rincian
1.      Jumlah Anggota dan Pengurus serta Pengawas
2.      Mutasi Anggota menurut Jenis Kelamin
3.      Pengelompokan Pendidikan Anggota
4.      Pekerjaan Anggota
5.      Penggelola Umur
6.      Pengelompokan Topografi
B.    Perkembangan Modal Sendiri
C.    Data Karyawan Koperasi Kredit Melati
D.   Data Manajer Koperasi Kredit Melati
E.    Data Kunjungan Tamu

II.         PERKEMBANGAN HASIL USAHA YANG DAPAT DICAPAI
Hasil usaha terus menajak sejak lima tahun terakhir disebabkan atas 5 hal utama di antara lain :
1)      Setalah Kopdit CU Melati berkantor menetap sejak 2001, pelayanan kepada anggota bisa terpenuhi, selama tujuh hari penuh, Jam buka kantor Senin-Sabtu 09.00-16.00, dimana anggota bisa menabung, membayar kewajiban angsuran pinjaman, menjalani wawancara bagi yang akan meminjam atau melakukan pendidikan koperasi dari fasilitator Kopdir CU Melati.
2)      Kopdit CU Melati dalam pendidikannya selalu mendorong anggotanya memiliki sifat/watak sebagai insan koperasi. Seorang insan koperasi, berwatak senang menabung, hidup hemat, menjadi manusia produktif bukan konsumtif, dia bijaksana dalam meminjam, dia berdisiplin tinggi dalam membayar angsurannya, sesuai isi Surat Perjanjian Pinjaman yang ditanda tangani.
3)      Sejak Januari 2001 bunga pinjaman per bulan yang sejumlah 2% menjadi 3% sehingga pendapatan naik. Pada pinjaman diatas Rp. 3 jt keatas, terkena provisi 0,5% sebagai pendapatan pihak Koperasi CU Melati.
4)      Pada dasarnya, kebutuhan anggota selalu akan ada dan bertambah besar. Banyak anggota yang telah sadar diri dengan rajin menabung di Koperasi sehingga kebutuhan pinjaman dalam jumlah besar pasti bisa terpenuhi. Kopdit CU Melati berusaha melayani pinjaman dengan prosedur/cara yang mudah, cepat, murah, namun hendaknya para anggota menyadari beberapa ketentuan baku yang harus terpenuhi. Semua pinjaman anggota, harus selalu didukung :
a.    Simpanan yang cukup memadai/aman
b.     Agunan perlu terpenuhi dan disyaratkan dalam Poljak Kopdit CU Melati
5)      Kopdit Melati disamping mengembangkan produk Simpanan (14 macam) dan Produk Pinjaman (7 macam) guna memudahkan anggota memilih sesuai seleranya, namun juga secara teratur Laporan Keungan diaudit oleh Pengawas Intern dan Ekstern Kopdit, yaitu Akuntan Puskopdit Bogor Banten.

Prestasi – prestasi apa sajakah yang sudah dicapai oleh Koperasi Kredit (CU) MELATI
A.        Prestasi-prestasi yang telah dicaqpai
·         Pertumbuhan anggota, ditargetkan akhir tahun 2009 sebanyak 3.122 orang,tercapai 2.857 orang (kurang 8.50%)
·         Sisa Hasil Usaha/SHU,ditargetkan akhir tahun 2009 sebanyak Rp 354 juta, tercapai Rp 366 juta (lebih 3.38%)
·         Total Asset ditargetkan akhir 2009 sebanyak Rp 13.500 juta, tercapai Rp 14.676 juta (lebih 8.71%)
·         Total Pendapatan, ditargetkan akhir tahun 2009 sebanyak Rp 2.962 juta tercapai Rp 2.726 juta ( kurang 7.96%)
·         Pencairan pinjaman, ditargetkan akhir tahun 2009 sebanyak  Rp 11.300 juta tercapai pencarian pinjaman Rp 10.684 juta (kurang 5.45%)
·         Prestasi yang tak kalah menarik adalah para anggota baru telah menjalani motivasi di Wisma Pendidikan Kopdit CU Melati, setiap Hari Selasa (pukul 10.30 – 12.00) atau mendapat motivasi sebelum PDMK dimulai
·         Khusus untuk tahun 2009, Kopdit CU Melati telah menjalankan sebanayak 17 (tujuh belas) kali PDMK dalam setahun.

·         Prestasi menjalankan rutinitas yang tak kalah penting yaitu :
1.      Terbit menyelesaikan Neraca & Rugi Laba Bulanan (LKSB) setiap tanggal 5-10 bulan berikutnya.
2.      Keteraturan menyampaikan informasi kepada anggota melalui Buletin Bulanan Melati.
3.      Telah menjalani Audit Pembukuan 2009 oleh Puskopdit Bogor Banten secara konsekuen, pada tanggal 07-09 januari 2009.
4.      Manajer secara tertaur menyampaikan Laporan Bulanan Manajer kepada Pengurus dan Pengawas selama tahun 2009 dalam 12 buku Laporan.
5.      Per 1 november 2006, telah diintensipkan penagihan pinjaman-pinjaman yang lalai dan saat ini sudah tertangani semua.
6.      Per 1 juni 2009 telah dijalankan survey lapangan bagi semua anggota yang meminjam oleh petugas (dan atau para Ketua-ketua Kelompok TPA).

Apakah Koperasi Kredit (CU) MELATI sudah memenuhi criteria atau standar Kopersai Kredit yang ideal ?

B.     Koperasi Kredit Melati sudah memenuhi kriteria atau  standar koperasi kredityang ideal
Diantaranya adalah :
1.          ANGGOTA MINIMAL 1.000 ORANG
2.         PENGELOLAAN OLEH KARYAWAN / MANAGER
3.         MEMILIKI KANTOR PERMANEN
4.         MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI
5.         MEMILIKI ASSET MINIMAL Rp. 1 MILIYAR
6.         MEMILIKI BADAN HUKUM
7.         PENGELOLAAN SECARA HARIAN
8.         MEMILIKI DAN MENERAPKAN PERENCANAAN STRATEGIS
9.         MEMILIKI POLJAK, SOM, SISTIM IMBAL JASA
10.      PERTUMBUHAN ANGGOTA MINIMUM 35%

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Nik Antreda mengatakan...

Jika saya ingin menjadi anggota, apa saja ya persyaratan nya?

Poskan Komentar