BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang Masalah
Untuk memenuhi tugas Softskill Pengantar Bisnis yang di berikan oleh Ibu Wuri P selaku pengajar.
I. 2. Rumusan Masalah
Untuk mengetahui apa itu Franchising beserta pemahamannya. Mahasiswadituntut untuk mengerti apa saja yang menyangkut Franchising.
I. 3. Tujuan
Mengetahui pengertian atau definisi dari Franchising. Selain itu, untuk mengetahui Kekurangan, kelebihan dan kegagalan dari Franchising tersebut. Agar setiap mahasiswa dapat mengerti hal-hal yang menyangkut Franchising.
I. 4. Metode
1) Mencari bahan dari internet
2) Mencari tahu dengan bertanya kepada orang lain.
I. 5. Kegunaan Penulisan
Penulisan papper ini berguna untuk memberi pengertian atau pembelajaran kepada pembaca tentang Franchising. Banyak hal yang harus di ketahui jika ingin membuat satu Franchising dengan membaca tulisan ini setidaknya dapat menambah pengetahuan yang berhubungan dengan Franchising.
BAB II
PEMBAHASAN
1.Definisi Franchising (pewaralabaan)
Franchising (pewaralabaan) adalah pemberian sebuah lisensi oleh seseorang (franchisor) kepada pihak lain (franchise). Lisensi tersebut dapat memberikan hak kepada franchise untuk menggunakan merek dagang franchisor dan seluruh elemen yang diperlukan untuk menjalankan bisnisnya dengan dasar-dasar yang telah ditentukan.
Selain itu, ada yang menyebutkan bahwa definisi Franchising berasal dari kata wara yang berarti istimewa dan laba yang berarti keuntungan, Yang berarti suatu usaha akan memberikan keuntungan yang istimewa. Franchising merupakan suatu konsep pemasaran untuk memperluas jaringan usaha secara cepat. Jadi, franchising bukan suatu alternatif melainkan suatu cara yang sama kuat, sama strategsi dengan cara konvensional untuk pengembangan usaha. Sistem franchise memiliki banyak kelebihan terutama dalam pendanaan, SDM dan managemen, kecuali kerelaan pemilik merek untuk berbagi dengan pihak lain.
Franchising juga dapat di artikan sebagai hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layananFranchising juga dikenal sebagai jalur distribusi yang sangat efektif untuk mendekatkan produk kepada konsumennya melalui tangan-tangan franchisee.